News & Blog

MENGENAL MESIN-MESIN PREPRESS

News & Blog

Mesin apa saja yang digunakan di prepress untuk mempersiapkan plate sehingga bisa dicetak.  Setelah membaca artikel Mengenal Prepress di artikel sebelumnya, kali ini akan dibahas tentang mesin-mesin prepress yang digunakan. Mesin pertama adalah komputer, printer, CTCP, CTF, mesin expose, mesin pencuci plate, dan lain-lain. Berbicara mesin prepress, perkembangan teknologinya sangat cepat. Sehingga hampir semua perusahaan offset printing telah beralih pada mesin CTP (Computer to Plate).

Daftar Mesin-Mesin PrePress:

  1. Komputer

Komputer adalah mesin pengolah data yang digunakan oleh desainer, layouter, dan pelaksana prepress lainnya untuk mempersiapkan file Fixed dengan format PDF (Portable Document Format).

  1. Printer

Printer adalah salah satu mesin yang bisa digunakan untuk proof sebelum dicetak. Bukan hanya proof, printer juga bisa digunakan untuk membuat contoh cetak/dummy untuk panduan cetak.

  1. CTF (Computer to Film)

Sesuai dengan kepanjangannya “komputer to film” mesin ini adalah mesin yang bisa dikatakan sudah agak lawas, tetapi masih banyak juga yang menggunakannya contohnya jasa prepress. Cara kerjanya adalah dimulai dari file/data yang sudah dibuat dengan format PDF kemudian diproses oleh mesin CTF maka keluarlah film yang siap untuk dimontase. Kemudian digunakan mesin expose (mesin plate manual) dan jadilah plate. Kalau disederhanakan file/data – CTF – Plate – Cetak.

  1. Mesin expose

Mesin ini adalah mesin plate maker versi lawas sebelum ada mesin CTP (Computer to Plate). Tetapi mesin ini juga masih bisa digunakan untuk backup pekerjaan jika mesin modern seperti CTCP (CTP) kerjanya keteteran.

  1. CTP (Computer to Plate)

Mesin CTP adalah mesin versi terbaru yang sedang trends untuk saat ini. Karena cara kerja yang sangat efisien, yaitu dari file/data dengan format PDF “Portable Document Format” langsung diproses menjadi plate.

  1. Mesin Pencuci Plate

Mesin pencuci plate juga sangat penting di bagian prepress karena sebelum dicetak, maka plate harus dicuci terlebih dahulu supaya bersih dan bisa terlihat apakah plate yang akan digunakan masih layak digunakan atau sudah oksidasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: